Sabtu, 19 November 2016

Blak-blakan Soal Pacaran

 
Tiap kali masuk dalam suatu lingkungan yang baru, gue selalu dapet pertanyaan super keramat ala-ala kepoer khasnya para bujangan. Yak, apalagi kalau bukan pertanyaan “Pacarnya anak mana? Kuliahnya diamana? Terus hubungannya udah berapa lama”, Hahahaa... Dan, jawaban gue selalu sama, diem. Pokoknya cuekin aja kalau ada yang nyinggung-nyinggung soal begituan mah. Hehe..

Lha ya mau bagaimana lagi, kalau tak jawab dengan jujur “Enggak pacaran”, pasti pada enggak percaya. Malah dikiranya mau nyari-nyari yang baru buat simpenan. Ealaah, lha kok kurang kerjaan bener, nyimpen-nyimpenin anak orang buat dicelengin jadi selingkuhan. Hahaii.

Ngomong-ngomong soal pacaran, pernah enggak sih gue pacaran? Jawabannya antara pernah dan enggak pernah.

Enggak pernah, karena emang selama hidup gue belum pernah ngajak anak orang serius untuk pacaran. Tapi dibilang pernah juga sebetulnya pernah, soalnya iseng-iseng dan itung-itung buat riset aja sih yaaa, gue itu pernah beberapa kali nerima ajakan pacaran dari beberapa cewek dan gue mengiyakan.

Mau tau apa kelanjutannya? Lu pasti enggak bakal percaya. Gua pacaran paling lama cuma seminggu dan yang paling cepet itu cuma semalem doang. Iya, semalem. Sorenya dia ngajak jadian, gue iya’in, terus paginya gue putusin. Putus dengan cara baik-baik pastinya. Biar gak ngambek dianya gitu. Hehehe..

Tapi gue juga mau jujur nih ya, selama hidup gue itu ya, sebenernya cuma sekali aja tau enggak gue nembak cewek, bahasa puitisnya menyatakan perasaanya pada seorang wanita yang dicintainya, itupun nembaknya pake surat. Hayo, tebak. Keterima apa enggak kira-kira? Hahahaa...

Jawabanya pada enggak ada yang bener pasti. Soalnya pernyataan cinta aku itu dibilang ditolak ya enggak ditolak, dibilang diterima juga enggak ada pernyataan sikap. Udah, ngegantung gitu aja. Kesel enggak tuh. Terus udah gitu, eh ditinggal jadian dengan cowok lain. Gue sebagai laki-laki merasa terinjak-injak tau enggak harga diri gueh, sakit. Ce’ileh. Kwkwkk..

Terus, apa tanggapan gue soal pacaran. Entahlah, mungkin pola pikir gue yang serba terbalik dan suka nyeleneh. Orang itu kayaknya bangga banget jalan sama pacarnya di tempat-tempat umum, gandengan tangan, peluk-pelukan, cium-cuiman, padahal belum sah jadi istri/suaminya. Lha gue, baru nyoba jalan gendengan tangan aja rasanya udah malu bangeet. Ah, entahlah yah.

Terserah lu pada dah mau ngomong apa. Kenyataannya gue emang anak kampung yang besarnya di pedalaman Papua dan sekarang lagi sok-sokan nulis gaya-gayaan pake logat gaul ala-ala anak jakarte gitcuuu. Ya Ampun, alaiyy bener gueehh. Boda amat dah, sing penting hepii. Gkgkgkkk..

Terus satu hal lagi yang membuat gue itu ngerasa geli mau ngajakin anak orang pacaran. Kebetulan gue juga masih ngelanjutin kuliah, duit sebagian besar masih ngandelin orang tua, ortu susah-susah nyari duit buat gue, terus gue pake buat jajanin anak orang, tujuannya cuma buat status, cuma biar dibilang anak gehool kekinian, cuma biar dibilang yang katanye anak masih muda ganteng dan manis kayak gue gini ini kalo enggak punya pacar itu mubadzir. Kan anjiir, dikiranya gue itu jajanan pasar apa yak. Rabies tu mata kali yak. Hahaha.. :p

Menurut gue ya, duit pemberian ortu buat gue itu ya buat gue. Itu amanah, ortu taunya duit itu buat kuliah dan kebutuhan hidup gue. Ya udah, pakai duit itu buat dua hal itu. Bukan buat yang lain.

Nah, kalau emang sesekali lu pengen ngerasain bagaimana itu dan apa itu pacaran. Boleh, tapi jangan pake duit dari kiriman ortu dong. Itu yang gue lakuin saat gue nerima ajakan pacaran beberapa cewek yang entah kesambet jin mana kok bisa-bisanya naksir sama gue dan nyama-nyamain muka gue mirip beberapa vokalis band Rizal Armada dan Charly ST 12. Huwaaa..

Eh tapi serius, gue jarang mau nerima ajakan kencan kalau gue lagi bokek karena bisnis lagi sepi, kalau royalti lagi ngandat, namanya anak kuliahan ya gak. Bisnis ya bisnis, tapi prioritas tetap belajar. Pacaran ya pacaran, tapi prioritas tetap masa depan, bukan buat mesum apalagi buat muasin nafsu, terus zina. Naudzubillah deh, jangan sampe kena karma tujuh turunan deh. Amit, amit.

Maka dari itu saran gue, biar keimanan lu kuat, dan biar nafsu lu buat macarin anak orang itu bisa direm. Bujangan itu harus kuat tirakatnya, harus kuat puasanya. Biar nafsunya terkekang dan enggak malah diumbar.

Belajar sampe larut malam itu tirakat, sholat malem itu tirakat, ngaji baca Al Qur’an itu tirakat. Puasa sunnah juga buanyak opsinya, puasa senin kamis itu bagus. Puasa Daud juga bagus, puasa daud itu hari ini puasa besok enggak, besoknya lagi puasa, besoknya lagi enggak. Percaya deh, metoda ini selain membuat uang jajan jadi irit, tapi juga bikin badan lu sehat.

Puasa itu ya, selain nama lain dari diet juga adalah terapi penyakit yang mujarab loh. Sudah dicontohkan Rosulullah dan juga sudah disarankan oleh para doker ahli dari universitas terkemuka dunia. Hmmm.. Sekarang gue ngomong malah kayak mamah dedeh lagi ceramah, “Jama’aahh.. oh.. jama’aaah...” Oh itu ustadz Maulana yah, salah deh gue. Heuheuheu. Epenkah, penting itu sampaikanlah walau satu ayat. Betul, betul, betul.

Itu nasehat buat yang masih kuliah loh yaah. Tapi buat yang udah kerja dan punya penghasilan, nunggu apa lagi. Kejar cintamu? Buruan Nikahin!! Eh, tapi jangan asal comot juga kaleuss. Pertimbangin juga BBB (Bobot, Bibit, Bebet), dan yang terpenting lu cinta sama dia dan dianya juga mau cinta sama lu. Dan dianya juga mau nerima lu apa adanya, mau di ajak hidup dimana aja asal tetap bisa sama-sama. Yah, pokoknya itulah. Gue bukan penasehat perkawinan, jadi ya lu pade pasti tau mana yang terbaik buat diri lu sendiri. (Ali Ridwan, 20/11/16)

2 komentar:

  1. Bacanya ngakak. Sadis bener bang pacaranya cuman semalem, untung gak sejam😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pacaran itu gak perlu lama2, tapi sekali nikah harus buat selama-lamanya.Gituuu... :P

      Hapus